Friday 8 May 2015

Wisata Curug Dago di Bandung

Jika anda berkunjung ke wilayah Taman Hutan Raya Bandung, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati pemandangan alam Curug Dago. Air terjun ini berada di daerah utara kota Bandung.

image

Deskripsi lokasi

Lokasi wisata Curug Dago in terletak di desa Dago, Coblong, Bandung atau 8 km arah utara kota Bandung. Wisatawan dari luar kota Bandung dapat menjangkau lokasi wisata ini dengan jalur terminal Dago- masuk jalan setapak selebar 1 meter- lokasi air terjun. Anda juga dapat melewati Taman Budaya Ganesha Dago atau Dago Tea house. Untuk mencapai dasar curug, anda harus menuruni anak tanga dari beton. Anda harus berhati- hati sebab anak tangga tersebut licin dan tak ada pengaman atau pagar. Anda masih ahru sberjalan sekitar 100 meter lagi setelah menuruni tangga tersebut untuk sampai di curug.

Curug atau air terjun ini memiliki ketinggian 12 meter. Curug ini terbentuk dari aliran sungai Cikapundung. Menurut kabar, wisata Curug Dago menyimpan sejarah dari kerajaan Thailand. Buktinya adalah diteukannya dua prasasti batu tulis peninggalan sejarah tahun 1818 M. Menurut para ahli, dua prasati tersebut emrupakan peninggalan dari Raja Rama V (Raja Chulakonkom) dan Raja Rama VII (Raja Pradjathipok Pharaminthara) dari dinasti Chakri yang berkunjung ke Curug Dago.

Tips wisata

- Tidak adanya papan penunjuk jalan untuk sampai ke Curug ini mengharuskan pengunjung untuk bertanya pada penduduk setempat untuk menuju lokasi curug.

- Tak banyak orang berjualan di lokasi wisata ini, jadi ada baiknya anda mempersiapkan bekal sendiri.

- Kondisi curug ini agak memprihatinkan karena banyak sampah yang megotori aliran sungai serta pemukiman diatas curug dan pabrik- pabrik pengolahan yang membuat ekosistem hutan sebagai pelindung curug rusak. Jika anda berkunjung ke tempat wisata ini, sebaiknya jangan ikut membuang sampah sembarangan di wilayah curug untuk menjaga kebersihan dan keindahan lokasi wisata ini.

sumber foto : anekatempatwisata(dot)com