Saturday 9 May 2015

Belajar dan Berekreasi di Observatorium Bosscha di Bandung

Observatorium Bosscha merupakan pusat penelitian dan pengembangan ilmu astronomi di Indonesia. Observatorium ini merupakan bagian dari fakultas MIPA Institut Teknologi Bandung. Bosscha adalah observatorium tertua dan masih satu- satuya obervatorium terbesar di Indonesia. Tahun 2004, observatorium ini dinyatakan sebagai Benda Cagar Budaya oleh pemerintah.

image

Deskripsi lokasi

Observatorium Bosscha berada di Lembang, Jawa Barat. Tepatnya 5 km bagian utara kota Bandung. Observatorium ini memiliki 5 buah teleskop besar yaitu teleskop refraktor ganda Zeiss, teleskop Schmidt Bima Sakti, teleskop refraktor Bamberg, teleskop Cassegrain GOTO, dan teleskop refraktor Unitron. Selain itu, ada pula teleskop surya dan teleskop radio 2,3.

Di Observatorium Bosscha terdapat 2 jenis kunjungan yaitu kunjungan siang dan kunjungan malam. Untuk kunjungan siang, tersedia pada hari selasa sampai dengan jumat dan hanya diperkenankan untuk kunjungan rombongan sekolah/ universitas/ instansi dengan minimal 25 peserta. Sebaliknya bila anda ingin mengadakan kunjungan personal atau dengan keluarga, datanglah pada hari sabtu yang memang dialokasikan oleh observatorium Bosscha untuk kunjungan personal. Pada kunjungan siang di hari sabtu, pengunjung dapa melihat cara kerja teleskop Zeiss dan mendapat informasi astronomi di ruang multimedia, namun tidak dipernankan menggunkana teropongsatu- satu. Per sesi kunjungan berlangsung selama 1 jam dengan pembagian waktu 15 menit untuk penjelasan di kelas dan 45 menit tur teleskop. Jika anda ingin melakukan peneropongan bintang, datanglah pada kunjungan malam hari dimana terdapat jadwal peneropongan bintang.

Berikut jadwal kunjungan siang Observatorium Bosscha:

· Senin: tutup (hari perawatan teleskop)

· Selasa- kamis (khusus rombongan sekolah/ institusi)

o Sesi I: 09.00

o Sesi II: 11.00

o Sesi III: 13.00

· Jumat (khusus rombongan sekolah/ institusi)

o Sesi I: 09.00

o Sesi II: 13.00

· Sabtu (khusus keluarga/ perorangan)

o Sesi I: 09.00

o Sesi II: 11.00

o Sesi III: 13.00

Tiket masuk

Tiket masuk Observatorium Bosscha sebesar Rp. 7.500,- per orang dan bisa menampung 150 orang tiap sesi kunjungan.

Tips wisata

- Jika anda ingin berkunjung ke Bosscha, pastikan anda datang saat observatorium ini sedang beroperasi/ buka.

- Pastikan anda termasuk rombongan yang mendapat izin resmi dari Bosscha.

Sumberfoto: sebandung(dot)com